Cara Downgrade Realme 5 dan 5i ke ColorOS 6 android 9

Melakukan Downgrade Realme 5 atau 5i dari android 10 ke android versi 9 efeknya bisa meningkatkan kinerja sistem dan aplikasi. Apalagi yang sebelumnya sudah update dari ColorOS 6 ke RealmeUI terbaru merasa lebih berat menjalankan aplikasi seperti Game terasa berat dan ada Lag, Gampang restart sendiri dan banyak keluhan lainnya.
Langkah menurunkan versi realme 5 5s 5i

Sistem android terbaru umumnya ditawarkan karena memiliki berbagai kelebihan, mulai penambahan fitur sampai peningkatan sisi kinerja sistem dan keamanan. Namun banyak pengguna Realme 5, Realme 5s dan seri 5i merasa ponselnya lebih lambat dan berat untuk menjalankan game serta aplikasi setelah melakukan update ke Realme UI atau ColorOS 7.

Untuk mengatasi masalah Realme 5 atau 5i yang lemot gara-gara upgrade ke Android 10 dengan RealmeUI terbaru, bisa diatasi dengan menurunkan ke versi sebelumnya atau istilahnya Rollback alias downgrade.

Banyak pengguna Realme yang puas dengan mengembalikan versi Android 10 Realme 5 / 5i ke android 9 ColorOS 6 tanpa harus ke service center. Cukup melakukan sendiri dirumah, Download File Downgrade Realme sesuai versi softwarenya dan install, Cukup semudah itu ternyata.

Namun sebelum memutuskan untuk menurunkan versi software dan versi ColorOS realme, lebih baik simak dulu apa saja efek sampingnya. Bila bertekad memutuskan untuk Downgrade Firmware Realme maka segala resiko ditanggung sendiri oleh masing-masing.

Efek Downgrade software Realme


  • Semua data akan terhapus otomatis, seperti file foto dan video di galeri, Kontak telepon, aplikasi terhapus. Sebelum memutuskan untuk downgrade software Realme lebh baik simpan atau backup dulu data penting ke memori eksternal atau perangkat lain.
  • Setelah berhasil kembali ke versi lebih rendah, maka ponsel tidak akan menerima pemberitahuan kalau ada update versi terbaru UI Realme
  • Bila memutuskan lagi update meskipun sudah berhasil downgrade firmware, maka harus mengunduh kembali software lengkap menurut versi dan tipe Realme.


Adapun untuk situs untuk download file firmware lengkap update Realme bisa ke alamat website : https://www.realme.com/id/support/software-update

Baca Juga: Cara Screenshot di Realme 5 5i 5s dan 5Pro serta Cara mengaktifkan shutter sidik jari kamera Realme 3 dan 5/pro

Persiapan sebelum Rollback Sorftware Realme


  • Pastikan kode akhiran versi software realme yaitu C.35 atau C.55, Contoh kalau ada tulisan versinya RMX1911EX_11_C.55 berarti bisa untuk didowngrade.
  • Kondisi baterai masih fit dan charge 70 persen keatas
  • Download File rollback ke penyimpanan smartphone

Silahkan unduh file downgrade Realme sesuai tipe ponsel masing masing di link berikut ini, Semua berformat Zip File:


Cara Downgrade / Rollback Realme 5 5s dan 5i


Urutan Downgrade android Realme 5 5s 5i ke versi colorOS 6

  1. Pastikan sudah menyalin file dan data penting ke memori lain
  2. Setelah itu unduh software rollback realme 5 atau sesuaikan tipe milik anda
  3. Bila sudah selesai mengunduh, copy file tadi ke luar dari folder
  4. Kalau masih bingung, buka File manager di ponsel dan paste di luar folder
  5. Lanjut ke prosesnya, tekan file rollback dan pilih "Update sekarang"
  6. Nantinya realme akan mati sendiri dan melakukan proses wipe data
  7. Tunggu dengan sabar selama proses downgrade, jangan menginterupsi atau menghentikannya dengan paksa karena ponsel bisa mati total.
  8. Realme bisa digunakan kembali bila sudah muncul welcome screen selamat datang ke ColorOS 6
Proses wipe data turun versi colorOS realme


Kesimpulannya, Mengembalikan Realme 5 / 5i ke versi ColorOS 6 dengan android 9 membuat sistem terasa lebih kencang lagi, main game terasa lancar serta tidak gampang restart sendiri.

Namun dari segi fitur memang UI Realme terbaru lebih bagus dan imbasnya akan memakan RAM yang banyak. Jadi bagi yang menginginkan performa seperti kecepatan dan mengabaikan versi terbaru software Realme, maka solusi untuk Rollback / Downgrade Realme 5 / 5s atau 5i menjadi solusi terbaik.

Posting Komentar untuk "Cara Downgrade Realme 5 dan 5i ke ColorOS 6 android 9"